Wamendag RI Kunjungi Ambon; Revitalisasi Pasar Mardika OK

Rabu, 28 Oktober 2020. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Republik Indonesia, DR Jerry Sambuaga melaksanakan kunjungan resmi ke Ambon. Diterima langsung oleh Wakil Gubernur Maluku,Barnabas Orno  dan rombongan langsung bertolak menuju Kantor Gubernur Maluku untuk mengikuti rangkaian kegiatan bersama Pemuda Maluku.

Bertempat di halaman Kantor Gubernur Maluku, Wamendag berkenaan menyerahkan bantuan gerobak dan tenda kepada 3 Pelaku Usaha di Kota Ambon yakni Helena Hitipeuw, Reza Matitakapa, dan Salma Tuhuteru.

Pada siangnya wamen langsung bersama rombongan meninjau  Pasar Mardika yang saat ini dalam proses revitalisasi. Dalam Kunjungannya ke Pasar Mardika, Wamendag didampingi Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Elvis Pattiselanno beserta rombongan.

“Revitalisasi Pasar Rakyat merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mendorong percepatan pembangunan di daerah, khususnya di sektor perdagangan. Hal ini juga ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta meningkatkan daya saing pasar rakyat”, Ujar Wamendag. Untuk proses revitalisasinya sendiri Pemerintah Pusat telah mengalokasikan anggarannya sebesar Rp165 Miliar. 

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, dirinya berterima kasih kepada Kemendag dengan  program  revitalisasi pasar Mardika, sehingga Pemkot Ambon mampu menata kembali pasar tersebut secara baik. Untuk saat ini proses pembongkaran bangunan yang lama telah mencapai 75%. Proses lelangnya bakal dilakukan November 2020, dan Desember nanti sudah masuk tahap finishing, sehingga pembangunan akan dilaksanakan awal 2021, dan rampung dalam satu tahun, pinta Walikota Ambon.