Kembali Berdayakan IKM terdampak Covid-19, Disperindag Maluku dan Kemenperin RI lakukan Bimtek Perbengkelan Otomotif dan Pemberian Bantuan Peralatan

Kamis, 13 Agustus 2020, guna memberdayakan Industri Kecil dan Menengah di Provinsi Maluku dalam Keadaan Pandemi Virus COVID-19 yang sementara kita hadapi bersama, Kementerian Perindustrian melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku melakukan kegiatan Bimtek Perbengkelan Otomotif Bagi IKM Terdampak COVID-19 di Kota Ambon untuk tetap memacu IKM perbengkelan otomotif tetap berproduksi dan berinovasi walau dalam keadaan COVID-19 ini. 

Melalui Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian Republik Indonesia diberikan sejumlah peralatan perbengkelan otomotif, diantaranya terdapat mesin Wash Welder. Bimtek perbengkelan otomotif ini juga bertujuan  Memberdayakan IKM Perbengkelan Otomotif di Provinsi Maluku yang terdampak COVID-19, Menjaga keberlangsungan produksi dari IKM Perbengkelan Otomotif di Provinsi Maluku, Meningkatkan penghasilan masyarakat melalui usaha produktif khususnya Perbengkelan otomotif dan menciptakan wirausaha baru (lapangan kerja) bagi masyarakat yang terdampak COVID-19 dan menambah pengetahuan dan keterampilan bagi pelaku IKM khususnya yang membidangi Perbengkelan otomotif sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi yang sesuai standard serta membantu pengembangan produksi IKM Perbengkelan otomotif di Provinsi Maluku.

Bimtek perbengkelan otomotif ini diikuti oleh puluhan peserta di 5 perbengkelan otomotif di Kota Ambon dengan dibimbing langsung oleh Instruktur dari Politeknik Negeri Ambon. Kegiatan berlangsung 3 hari. Pada hari pertama 12 Agustus 2020 dilakukan pengecekan alat dan persiapan alat, di hari kedua dilakukan pembukaan kegiatan melalui video converence bersama Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian Republik Indonesia Endang Suwartini didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Elvis Pattiselanno disaksikan langsung oleh peserta bimtek dan Instruktur.

Setelah acara pembukaan para peserta langsung mengikuti sesi pengenalan alat dan materi hari pertama di salah satu Bengkel Otomotif di kawasan Lateri, Kota Ambon. Kepada peserta Instruktur Bimtek Perbengkelan Otomotif, Jemmy Matulessy menyampaikan bahwa alat yang digunakan merupakan alat dengan teknologi termutakhir. Pada hari pertama dan kedua pelaksanaan bimtek semua peserta mengikuti dengan sangat antusias.

Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian Republik Indonesia Endang Suwartini menyampaikan melalui Program Penumbuhan dan Pengembangan IKM Maluku Tahun 2020 lewat bantuan peralatan perbengkelan otomotif dan pelatihan ini kiranya dapat dimanfaatkan oleh pelaku IKM Perbengkelan Otomotif guna pengembangan produktivitas usaha yang sementara di geluti walau diterpa badai COVID-19.

Sejalan dengan itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Elvis Pattiselano  menyampaikan kami terus memantau perkembangan penggunaan alat-alat ini di setiap IKM Perbengkelan Otomotif,dan diharapkan alat-alat ini dapat digunakan dengan baik guna perkembangan usaha di tengah pandemi covid-19. (Hyt)